Selasa, 22 Januari 2013

Floss Roll Bun

Sukaaa bnget sama roti yg satu ini....& kebetulan mamah ku sukaa juga....klo beli di B**** T*** mayaan jugaaa yaaa....hiihihih...mending buat sendiri....puasss lagi..& bahan2 nya juga terjamin....;) Ully buat pas mau anter keysa ke jkt....krn mau tahun baruan di jakarta,mumpung libur & papah jg ikut sekalian....yippiee....;)
Alhamdulillah....semua sukaaa smp di eman2...buat sarapan esok pagi sm adik ku tercinta.,...;)

ully pake resep nya mba R uenaak tenaann....hmm wangiii...;) izin copas yaa mba di blog aku...suwun...

Floss Roll Bun by mba R
Bahan-bahan:
120g tepung terigu protein sedang
20g susu bubuk
1 sdt (3gr) baking powder
6 butir telur antero (300gr)
75g gula pasir halus (aku biasa pake cuma65gr dan gula pasir biasa)
3 gr garam
10gr emulsifier (aku biasa pake 15gr )
100 gr mentega tawar / margarin, dilumerkan
1/2 sdt ekstrak vanilla/ 1/2 sdt essens vanilli
(aku biasa pake cuma 1/8sdt vanilli essense saja, karna aku pingin lbh menonjolkan aroma daun bawang, wijen & cabe merahnya)

Topping/Taburan:
1 batang daun bawang/bw prei, iris tipis (biasanya aku iris agak menyerong)
1 buah cabe merah besar,nggak usah buang isi, langs iris menyerong tipis
Biji wijen secukupnya

Bahan Olesan : (terkadang bisa jg aku variasi, campur dgn sedikit saos tomat botolan)
150 gr Mayones
1 sdm susu kental manis/ air gula
Abon sapi/ Ayam secukupnya

Petunjuk :
1. Siapkan loyang uk. 30X40X4 cm (aku biasa pakai yg tebal loyang 3 cm saja sdh cukup) , beri polesan margarin, tutup dasarnya dgn kertas roti, poles rata loyang kembali dgn margarin. Sisihkan
2. Panaskan oven 190derajat celcius (aku hanya memanggang pd suhu 180 saja)
3. Kocok dalam mangkok Telur, Gula dan Garam sampai gula hancur, masukkan emulsifier, kocok bentar, masukkan tepung, kocok hingga mengental.
4. Terakhir, masukkan mentega/margarin cair, aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang, taburi dgn irisan bw. prei, wijen dan cabe merah.
6. Masukkan oven, panggang selama sekitar 20 menit.
Catatan : kalo menurutku, cake akan terlihat cantik pada saat digulung jika kita memanggangnya sampai topping agak kecoklatan.

Penyelesaian:
1. Setelah cake matang, dan didinginkan. Poles Cake dengan mayones, belah cake menjadi 2 bagian (potong bagian panjang 40cm, sehingga uk. masing2 cake menjadi 30X20 cm).
2. Gulung dan padatkan. Masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Potong2 sepanjang 4 cm. Poles kedua sisi kanan-kiri dgn mayones dan lumuri abon ayam/sapi dgn rata.
NB : berhub ully engga punya loyang yg uk 30x30x4 ully pake loy 22....hasilnya mayaan hehehee...:)
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar